Friday, March 16, 2012

Bagaimana “Menghidupkan” Kembali Modem 3G Telkomsel Flash Huawei E220

Mank Omenk | Buat Lencana Anda


Bagaimana “Menghidupkan” Kembali Modem 3G Telkomsel Flash Huawei E220
In:area Tips an Trik Kom
follow me.............!!!!
15 maret 2012
Beberapa bulan lamanya saya mengalami masalah dengan penggunaan modem 3G Telkomsel Flash yang bermerk Huawei model E220. Masalahnya, di komputer notebook pribadi, modem tersebut tidak terdeteksi sama sekali.
Hal ini agak aneh, mengingat kalau digunakan di komputer notebook kantor, modem 3G Telkomsel Flash yang bermerk Huawei model E220 bisa dideteksi dengan baik.
Awalnya, saya berpikir bahwa hal ini disebabkan permasalahan kabel antara komputer dengan modem. Saya mengira bahwa komputer notebook rumah tidak memberikan daya listrik yang cukup kepada 3G Telkomsel Flash yang bermerk Huawei model E220 tersebut sehingga si modem gagal memberitahukan keberadaan dirinya kepada si komputer.
Dengan asumsi ini, setelah sempat tidak diketahui keberadaannya, saya mencari-cari lagi kabel penghubung tambahan dari paket modem 3G Telkomsel Flash yang bermerk Huawei model E220 tersebut, yang salah satu ujungnya terdiri dari dua slot/colokan ke komputer. Sesuai petunjuk, kabel ini berguna untuk memberikan daya listrik tambahan yang (mungkin) dibutuhkan oleh modem.
Hasilnya?
Bablas. Modem 3G Telkomsel Flash yang bermerk Huawei model E220 tersebut tetap tidak bisa dideteksi.
Riset kecil-kecilan di Internet, saya menemukan bahwa ternyata cukup banyak pengguna yang mengalami masalah yang sama, yaitu modem 3G Huawei model E220 tersebut gagal dideteksi komputer.
Riset tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian pengguna menemukan bahwa setelah mereka melakukan upgrade firmware modem tersebut, ada yang berhasil “menghidupkan” kembali modem 3G Huawei E220 itu.
Tetapi sebagian juga ada yang gagal. Proses upgrade firmware memang termasuk “beresiko tinggi” karena kegagalan proses upgrade terkadang berarti kerusakan secara perangkat keras yang sukar diperbaiki lagi.
Tetapi ternyata, buat saya, solusinya bukan itu. Solusi saya lebih sederhana lagi.
Mau tahu?
Ternyata, di komputer notebook rumah, drive D: yang sebelumnya merupakan “rumah” removable storage dari modem 3G, somehow telah tergantikan oleh removable storage harddisk baru yang belum lama ini saya pasang.
Jadi, yang saya lakukan adalah meng-assign-ulang removable drive harddisk dari drive D: ke drive yang lain, dalam hal saya adalah ke drive M:. Cara melakukan assign-ulang drive tersebut adalah dengan memilih menu Start => Control Panel => Administrative Tools => Computer Management => Disk Management, kemudian pilih drive yang akan dipindahkan tersebut.
Kemudian saya mencolokkan kembali modem 3G Huawei E220 ke dalam port USB komputer rumah, dan voila! Modem tersebut dideteksi sebagai drive D:, semua file driver ada di situ, dan saya pun melakukan instalasi kembali driver modem tersebut. Modem yang sudah “mati” tersebut akhirnya bisa hidup lagi.
TANPA upgrade firmware!
Jadi, buat Anda yang mengalami masalah seperti saya, coba lakukan hal yang sudah saya coba ini. Semoga bisa “menghidupkan” kembali modem 3G Huawei model E220 Anda.

Post a Comment