Friday, September 27, 2013

Troubleshoting Lcd Laptop

Mank Omenk | Buat Lencana Anda



Ada beberapa masalah yang biasa kita temui pada LCD laptop/monitor PC, di antaranya:
1. Garis vertikal berwarna pada monitor LCD
Banyak garis-garis vertikal berwarna berubah warna acak. Jika menggunakan monitor eksternal tampilan normal

Ketika Layar LCD digerakan membungkuk terjadi perubahan. Ada Teks horisontal di tengah-tengah layar

Dalam kasus ini, matriks lingkaran rusak.
Solusi : Ganti LCD.

2. Garis vertikal pada layar LCD.
Garis-garis vertikal warna yang berbeda pada monitor Anda akan muncul setelah Anda memulai komputer Anda.

Jika kita gerakan sedikit LCD membungkuk, garis-garis pada layar mungkin hilang. Sebuah derivasi untuk tampilan eksternal semua baik-baik saja. Sayangnya, garis-garis pada layar menunjukkan kegagalan matriks LCD itu sendiri dan layar tidak terhubung dengan baik. Ini adalah masalah yang cukup umum dipecahkan dengan mengganti LCD.

3. Merah dan biru garis-garis pada layar.
Garis vertikal di seluruh layar LCD. Kadang-kadang pita merah, kadang-kadang biru, mungkin menjadi lebih luas dan berubah warna menjadi putih.

Sebuah gambar yang sama pada monitor eksternal, Tench vertikal yang sama. Kemungkinan besar masalah dengan kartu VGA. Pada beberapa laptop kartu grafis terintegrasi ke dalam motherboard, tetapi pada model lain adalah modul terpisah.

Solusi : Ganti chip VGA

4. Riak pada monitor.
Merah riak di layar komputer. Pada layar eksternal semua jelas, gambar sangat baik. Kita dapat mengasumsikan bahwa matriks yang rusak atau kabel.

Tapi setelah menggantikan matriks dan inverter gambar muncul tidak setabil. Hal ini disebabkan gangguan kontak antara kartu video dan motherboard.
Solusi : Ganti chip VGA atau mainboard.

5. Gambar di sisi layar.
Kiri setengah layar bekerja dengan baik, namun sisi kanan benar-benar putih.

Solusi : Ganti LCD

6. Tampilan Layar LCD yang buruk
Berikut laptop lain dengan layar LCD yang buruk. Band dengan riak-riak di layar.

Solusi : Ganti LCD

7. Garis vertikal pada layar laptop.
Jika dengan layar eksternal timbul penyakit Warna-warni garis-garis pada layar.

Jika Anda memutar layar sedikit, menjadi gambar terdistorsi dengan garis horizontal di matriks.

Setelah beberapa detik gambar mengacak

Solusi : Ganti LCD

8. Memantau perubahan warna atau gambar negatif pada layar.
Semua warna yang terbalik - putih berbalik hitam, hitam berbalik putih, kuning berbalik merah, dll Laptop ini menunjukkan inversi warna yang kuang tepat. Seperti yang Anda lihat, logo Toshiba di lampu hijau bukan merah. Latar belakang abu-abu berbalik hitam. Logo Intel harus biru di latar belakang putih, dan merah pada hitam.

Solusi: Ganti LCD

9. Strip putih pada monitor.
Garis putih yang luas di tengah layar laptop Anda berarti bahwa matriks yang rusak.

Solusi : Ganti LCD

10. Tampilan LCD sebagian
Ketika menghidupkan gambar laptop muncul hanya pada sisi kiri layar diikuti oleh garis merah dan hitam vertikal, dan latar belakang biru di antara mereka. Sebagai perwujudan layar LCD yang rusak.

Solusi : Ganti LCD

11. Gambar berkedip atau menghilang.
Ketika memutar layar laptop, layar berkedip, garis horisontal muncul di tempat yang berbeda atau gambar hilang sepenuhnya. Namun, dalam posisi tertentu yang mungkin datang kembali gambar normal atau layar menjadi hitam.

Solusi : Ganti Kabel Inverter

Cara Mengenali Gejala Kerusakan Inverter Pada Monitor LCD

2 years ago by YG-Stand 0
LCD monitor memang kadang sangat rentan dengan kerusakan. Banyak kasus ditemui LCD monitor kadang meredup dengan sendirinya, atau bahkan blank hanya dengan tampilan warna putih. Memang jenis kerusakan LCD terutama di LCD laptop tidak mutlak berasal dari LCD itu sendiri, bisa berasal dari komponen lain, seperti Inverter maupun mungkin pula berasal dari VGAnya. Oleh karena itu, kita jangan sampai terjebak untuk cepat-cepat mengganti LCD sementara kita belum paham benar bagian mana yang rusak pada LCD laptop kita.
Kali ini sobatpc.com akan mencoba sharing tentang cara mengenali gejala kerusakan Inverter pada monitor LCD, agar nantinya bisa diketahui bagian mana sebenarnya yang rusak dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.
Tanda-tanda inverter rusak:
  1. Biasanya LCD menjadi redup alias buram / tampilan gambar agak gelap
  2. Kalau laptop kondisi hidup LCD digerakkan buka tutup gambar agak goyang / berubah.
  3. Adanya panas yang tidak normal pada bagian inverter (dibawah Lcd Tertutup list casingnya)
Untuk memastikan bahwa inverter yg rusak bisa dilakukan langkah-langkah :
  1. Sambungkan Laptop dengan monitor CRT / LCD biasa.
  • Jika gambar bisa tampil normal ke layar monitor, berarti kemungkinan inverternya saja yang rusak bukan pada LCD.
  • Apabila tampilan di layar monitor gambar pecah2 atau ikut goyang berarti vga onboardnya yg bermasalah. Jadi jangan terjebak untuk segera mengganti LCD.
  • Untuk memastikan adalah dengan mencoba membuka cover depan LCD, lepaskan kabel inferter lalu pasang kembali. Masih error nggak ?
  1. Cek Inverter
  • Untuk mengecek inverter secara manual biasanya dilakukan dengan cara memasang inverter kita pada laptop lain yang sama atau menggunakan inverter yang sama, contoh memasang inverter acer 4730 ke 4710 atau 4715
  1. Cek Flexyble Cable “cable yang menghubungkan LCD dengan inverter dan Mainboard pada laptop”
  • Cek Kerusakan LCD pada laptop biasanya dilakukan dengan 3 cara diatas, jika langkah pertama tidak ada masalah biasanya kerusakan terjadi pada Inverter dan Flexyble Cable dan, Jika ketiga langkah diatas LCD Laptop masih blank kemungkinan kerusakan pada mainboard anda..Jika anda tidak bisa melakukan ketiga langkah diatas silahkan menuju service Center terdekat anda
Permasalahan LCD LAPTOP dan Inverter nya ?
Permasalahan LCD pada Laptop sangatlah signifikan, selain konstruksi LCD yang terintegrasi dalam tabung liquite yang dirancang sangat tipis dan rentan, LCD component sircuit(PCB) juga dibuat dari bahan yang sangat tipis dan rentan…..sehingga peluang untuk memperbaiki/service sangatlah kecil…
Ada beberapa kerusakan pada LCD yang disebabkan bukan oleh LCD itu sendiri, tetapi disebabkan oleh koneksi pendukung, power, cable, conector, LCD back light, Lcd inverter atau induksi maupun gismo yang terjadi pada componen ataupun cable LCD ….
Berdasarkan study kasus yang sering terjadi, ada beberapa langkah analisa kerusakan LCD yang dapat anda lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk mengganti LCD Laptop anda…..
  1. Layar blank putih (sering terjadi pada Acer 3680series, 4520series, 2920series)
    Gejala ini tampaknya memang seperti gejala LCD yang bocor. Tetapi juga dapat terjadi akibat induksi maupun gismo yang terjadi pada conector LCD .
    Penanganannya :
  • Buka frame LCD (biasanya 4baut utama dan 2 baut camera) lepaslah perlahan, perhatikan klip fram yang ada disekeliling frame..
  • Sebaiknya pada saat membuk frame di cungkil menggunakan kuku(tidak menggunakan benda tajam dan keras)…buka baut sasis LCD …biasanya 3 di sisi kanan dan 3 di sisi kiri.
  • Lepaskan conector cable camera.vkeluarkan Lcd dari sasis dengan merebahkannya tertelungkup pada laptop keyboard. Diberi alaslah keyboard dengan kain/kertas untuk menghindari goresan pada layar..kemudian lepaskan seltip pengunci cable conector pada bagian belkang LCD. Cabut conector perlahan, kemudian pasang kembali (pelepasan dan pemasangan conector dapat membuang indiksi atau gismo pada terminal cable conector)…hidupkan laptop
jika tahapan tersebut diatas tidak berhasil cobalah tahapan tersebut pada conector LCD cable yang terdapat pada motherboard dengan cara membuka cover pada bagian atas keyboard.khusus untuk merk axioo terutama m54 series…kerusakan pada camera dapat berpengaruh pada Lcd karena interface yang digunakan untuk power camera diambil dari pembagian power dari lcd pada motherboard..
  1. LCD blur/permanen ataupun apabila flip/laptop bergerak Lcd blur/tampilan pecah-pecah
    Gejala tersebut diatas sering terjadi pada Axioo M54 series..ini bukanlah kesalahan pada LCD tetapi terjadinya pemuaian jalur pada conector LCD yang terdapat di motherboard atau pada IC swiching LCD size setting (perhatikan ada swich controll pengaturan ukuran LCD di sebelah kiri atas dibawah keyboard)
    Penanganan : Memberi bantuan koneksi pada jalur yg rusak(cable jumper) atau mengganti ic swiching untuk pengaturan LCD size controler.
  2. LCD goyang apabila flip/cover bergerak
    Gejala ini dapat disebabkan terjadinya kelonggaran pada kabel,conector ataupun adanya cable yang terjepit(biasanya pada engsel). Pergeseran engsel pada kabel yang tidak duduk pada jalurnya dapat mempergenting cable, sehingga ketika flip/engsel bergerak.. perenggangan/pengencangan terjadi pada cable..atau slot conector sudah longgar/aus diakibatkan perengangan/pengencngan kable tadi.
    Penanganan : melakukan penggantian cable,conector atau tetap memnggunakan kable yang lama tapi cukup dengan meriposisi cable pada jalur yang sudah tersedia,menghindarkan cable terjepit pada casing pada saat penguncian baut casing.
  3. Back light mati (gelap..sementara bios/window membayang)
    Gejala ini disebabkan Back light /neon Lcd tidak menyala.Bisa diakibatkan Lcd neon yang putus, terputusnya koneksi power,inverter tidak berfungsi atau power support untuk inverter tidak memadai….
    Pertama-tama lakukan analisa power support untuk inverter dengan menggunakan multitester,aturlah settingan dc power pada multitester untuk 10v..jadikan apa saja elemen besi pada sasis laptop untuk ground.letakkan kabel penguji(hitam)..kemudian kabel penguji power(merah)pada terminal conector inverter..jika anda menemukan tegangan lanjutkan pengujian inverter dengan menguji tegangan yang sudah di step upoleh inverter pada conector neon lcd.jika tidak permasalahan datang dari motherboard support power untuk inverter(cek fius f1/ic swiching atau spliter power)note:autorized technician only..
    jika anda menemukan tegangan..sudah pasti Lcd neon yang bermasalah,jika tidak anda perlu mengganti inverter(berfungsi sebagai balast/steo up power untuk back light)
    Nama:Mank79.Blogspot.com

Post a Comment