Saturday, July 07, 2012

Cara Memperbaiki Error B200 Pada Printer Canon IP2770 dan MP258

Mank Omenk | Buat Lencana Anda

Cara Memperbaiki Error B200 Pada Printer Canon IP2770 dan MP258
Sudah banyak rekan-rekan yang bertanya mengenai Error B200 yang banyak dialami pada printer Canon IP2770 dan MP258, Akhirnya penyebab masalah Error B200 pada printer Canon tersebut kini terungkap. Dulu Saya kebingungan dengan pertanyaan rekan-rekan semua tentang Error B200 pada printer Canon ini, karena Saya sendiri belum pernah mengalami Error B200 ini dan belum mengetahui sumber penyebabnya. Baik, untuk menghilangkan rasa penasaran kita terhadap Error B200 pada printer Canon ini mari kita simak bersama .... 


Seperti dugaan Saya sebelumnya setelah membaca salah satu postingan blog milik salah seorang rekan blogger mengenai Error B200 ini yaitu tidak stabilnya atau menurunnya supply tegangan yang ke board printer tersebut, dan ternyata memang benar permasalahan Error B200 ini karena ada kerusakan pada Unit Power Supply printer, jadi solusi sementara untuk mengatasi Error B200 ini yaitu hanya dengan mengganti (replace) Power Supply Unit (PSU) printer yang tengah mengalami Error B200, karena kalau kita coba perbaiki PSU nya kemungkinan banyak kendala dalam mencari spare partnya dan juga mungkin tidak akan bertahan lama. 

Demikian ulasan mengenai Error B200 pada printer Canon Ip2770 dan MP258, semoga bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan dari rekan-rekan semua, semoga bermanfaat...

Berikut gambar Power Supply Unit (PSU)
Description: http://4.bp.blogspot.com/-eqvqZSzGTNk/Tf2oMi15-zI/AAAAAAAAAfI/2QFs-pW_R50/s1600/psu+ip2770.jpg

 

 

 

Cara Mengatasi Flasdisk Write Protect


Tips ini mungkin akan berguna jika suatu saat kita mengalami FlashDisk atau Hardisk Eksternal dengan kabel USB tiba-tiba tidak dapat digunakan, mungkin di disable aksesnya atau muncul pesan Write-Protected. Jika mengalami masalah seperti ini, atau mungkin ingin menonaktifkan penggunaan USB di komputer anda dan membatasi aksesnya, bisa dicoba tips dibawah ini.



Minimal ada 2 hal yang bisa menyebabkan media penyimpan USB tidak dapat diakses, pertama memang aksesnya di disable dan yang kedua, aksesnya di proteksi, biasanya akan muncul pesan bahwa “The disk is write-protected”. semuanya bisa diatur melalui registry windows.
This Disk is Write-Protected.

Pada kondisi ini, USB masih bisa dibaca, tetapi tidak bisa ditulis atau untuk menyimpan data. Jika mengalami kejadian ini, maka coba ikuti tip berikut:
  1. Buka Registry Editor (Start Menu > Run, ketik: Regedit, kemudian tekan enter atau klik OK)
  2. Cari Key dibawah ini:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies
  3. Jika di panel bagian kanan ada WriteProtect, double click dan dibagian value data isikan 0 atau hapus WriteProtect tersebut atau bisa juga hapus key StorageDevicePolicies. Kemudian refresh (View > Refresh)
  4. Coba lepas USB Flash Disk dan ulangi copy datanya.
Sebaliknya, untuk membatasi pengguna komputer agar tidak bisa menulis, mengcopy atau memindah data di flash disk, maka bisa dilakukan dengan tips yang ini:
  1. Buka Registry Editor (Start Menu > Run, ketik : Regedit, kemudian tekan enter/klik OK)
  2. Cari Key (mirip folder) berikut
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control
  3. Buat key baru (klik kanan dan pilih menu New > Key, kemudian beri nama StorageDevicePolicies
  4. Kemudian buka key StorageDevicePolicies tersebut dan klik kanan pilih New > DWORD Value beri nama WriteProtect
  5. Double click WriteProtect tersebut, di bagian value data dan isi dengan nilai 1. Klik OK
Selain CurrentControlSet, pengubahan juga harus dilakukan di key ControlSet001, ControlSet002 dan seterusnya jika ada. Jadi bisa di cek di Key berikut :
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\StorageDevicePolicies
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet002\Control\StorageDevicePolicies
Setelah di set seperti diatas, maka semua user yang menggunakan komputer tersebut tidak dapat menyimpan, mencopy atau memindah data ke USB Flash Disk, tanpa harus merestart komputer terlebih dahulu. Sehingga muncul pesan disk write-protected seperti diatas. Tips ini dapat berjalan di Windows XP SP2 and SP3, Windows Vista, Windows Server 2003 dan 2008.
USB Mass Storage tidak berfungsi (Disable)
Cara yang ini jika media penyimpan eksternal seperti USB Flash Disk, hardisk Eksternal dan sejenisnya tidak bisa diaktifkan atau di disable. Jika mengalami hal ini maka coba tip berikut:
  1. Buka Registry Editor ( Start Menu > Run, ketik: Regedit, kemudian tekan enter/klik OK)
  2. Cari Key berikut :
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStore
  3. Di panel bagian kanan double klik Start, ganti isinya (Value data) dengan 3 untuk mengaktifkan USB storage, jika isinya 4 maka Removable USB mass storage akan di disable.
Jika efeknya tidak langsung terlihat, maka Restart komputer terlebih dahulu. Tips ini dapat diterapkan di Windows Vista, XP, Windows Server 2008, 2003 dan 2000.
Description: http://img1.blogblog.com/img/icon18_email.gif
Cara Memperbaiki Error P10 Pada Canon MP258
Error P10 pada printer Canon MP258 memang sungguh merepotkan, untuk memperbaiki printer Canon MP258 yang mengalami kerusakan error P10 kita harus memeriksa dari beberapa bagian spare part di dalam printer, disamping itu harga untuk masing-masing spare part yang bisa menyebabkan kerusakan error P10 cukup mahal di pasaran. Untuk Printer Canon seri MP258. Menurut pengalaman Saya disebabkan ada kerusakan dari salah satu bagian spare part printer Canon MP258 di bawah ini :

Bagian Spare Part Printer Canon MP258 yang bisa menyebabkan Error P10 :
  1. Catridge PG810 atau CL811 (bisa keduanya).
  2. Cariage Unit lengkap dengan kabel headnya.
  3. Logic Board.
Jadi Error P10 dapat diselesaikan dengan mengganti salah satu atau beberapa sparepart di atas. Untuk memperbaikinya kita bisa mulai memeriksa dari bagian spare part yang paling mudah dahulu, yaitu dimulai dari kedua buah catridgenya, apabila kedua catridgenya baik-baik saja dilanjutkan ke bagian cariage unit dan kabel headnya, terakhir apabila masih muncul error P10 kemungkinan kerusakan ada pada bagian logic board. Harga dari masing-masing spare part lumayan mahal. Berikut gambar beberapa spare part printer Canon MP258 :


Catridge PG810 dan CL811

Description: http://1.bp.blogspot.com/-LuBI728R2HY/TgLOTZhgPUI/AAAAAAAAAfM/ZSKw5jr2iA4/s1600/pg810.jpg
 Logic Board Canon MP258

Demikian sedikit sharing pengalaman dari Saya unutk memperbaiki kerusakan error P10 pada Printer Canon MP258, semoga bermanfaat.......

Post a Comment